Visi dan Misi

16 Januari 2020 Jutex Dibaca 16.150 Kali

VISI DAN MISI

 1. VISI

Berdasarkan perkembangan situasi dan kondisi Desa Ngajaran saat ini, dan terkait dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa), maka untuk pembangunan Desa Ngajaran pada periode 6 (enam) tahun ke depan (tahun 2019-2025), disusun visi sebagai berikut :

Bersama Masyarakat Wujudkan Ngajaran yang Transparant, Mandiri dan Berprestasi”

Rumusan visi tersebut dengan penjelasan sebagai berikut :

 

Bersama Masyarakat Wujudkan Desa Ngajaran yang Transparan, Mandiri dan Berprestasi.

  1. Bersama Mayarakat adalah Pemerintah dalam mengambil kebijakan, selalu mempertimbangkan, usulan, dan aspirasi mayarakat, baik melalui musyawarah Dusun, maupun Musyawarah Desa, Hal tersebut perlu dilakukan karena, setiap kebijkan pemerintah desa bersentehan langsng dan bereek langsung terhadap masyarakat.

 

  1. Transparant, adalah bentuk sportifitas pemerintah Desa dalam melaksanakan roda pemerintahan, dimana setiap informasi yang wajib diketahui oleh masyarakat, akan selalu disediakan tanpa menunggu dituntut ataupun ditanyakan oleh masyarakat, seperti informasi APBDes, Informasi Jumlah Anggaran dan lai-lain, baik melalui Papan Informasi, maupun website Desa. transparant bukan berarti telanjang, dimana Pemerintah harus menutup beberapa informasi yang bukan merupakan informasi publik, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Mandiri adalah dimana ketika kebutuhan dasar dapat dipenuhi sendiri, sandang, pangan, papan dan memperoleh pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan secara layak, serta terbukanya kesempatan kerja yang luas dan mampu menyerap tenaga kerja dengan penghasilan yang memadai, oleh sebab itu perlu kerja Bersama dengan Mayarakat, untuk memenuhi kebutuhan dasar dengan kemampuan yang ada, dengan begitu Bekerja Bersama metode untuk mewujudkan Kesejahteraan masyarakat dan lingkungan hidup dengan modal milik sendiri, baik sumberdaya alam, manusia, sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Sedangkan sumberdaya yang berasal dari luar merupakan tambahan apabila diperlukan.
  3. Berprestasi adalah output dari Kerja Bersama yang telah dilaksanakan secara Transparant dan Mandiri. ketika Kerja Bersama secara Transparant dan Mandiri, maka Pemerintah  selaku Penyelenggara Pemerintahan, Lembaga dan Masyarakat selaku penopang jalannya Pembangunan,  akan menuai apresiasi, dr berbagai kancah penggalangan keunggulan maupun prestasi dalam lingkup regional dan nasional, hal ini perlu diwujudkan untuk menciptakan mainset Baru atau pola Pikir Baru di Masyarakat, “Ngajaran Dulu Ketinggalan, Sekarang Jadi Percontohan”.

2. MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka misi yang akan dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Menciptakan Tata Kelola Pemerintahan yang Transparant, Akuntabel dan Demokratis;
  2. Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana desa berdasarkan asas kebutuhan dan pemanfaatan untuk masyarakat;
  3. Memperkuat Struktur Badan Usaha Milik Desa, baik dari segi Permodalan, Pengelolaan, dan Pengawasan;
  4. Bekerjasama dengan Kelompok, Akademisi, Lembaga dan Organisasi, baik dari Pemerintahan maupun non Pemerintahan dalam rangka mempercepat Proses Kemandirian Desa;
  5. Meningkatkan Sumber Daya Manusia dan Menggali Potensi Desa Untuk Meningkatkan Ekonomi Desa
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar